Webinar Gratis Untuk Guru, Peringati Hari Pendidikan Nasional 2020

Iklan Semua Halaman

Webinar Gratis Untuk Guru, Peringati Hari Pendidikan Nasional 2020

Jumat, 01 Mei 2020


MEMBUAT BLOG PROFESIONAL BAGI GURU

“Blog Guru Sebagai Media Pembelajaran Daring”

#GURU TETAP PRODUKTIF WALAU DI RUMAH

 

Peningkatan profesionalitas guru selama wabah Covid-19

Hadirnya webinar gratis ini, merupakan salah satu bentuk kontribusi dalam merespon himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing, khususnya bagi para guru yang terbatas menjangkau peserta didik dan ingin meningkatkan profesionalitasnya walau berada di rumah.

 

Siswa dan guru yang kegiatan sehari-harinya dialihkan ke rumah akibat wabah COVID-19, dengan ini, dibukanya pelatihan online secara gratis, sekiranya bisa membantu para guru agar tetap produktif walau berada dirumah.

 

A.      Latar Belakang

"Kehadiran fisik tidak menjadi ukuran kinerja. Yang terpenting adalah pembelajaran tetap berjalan dan terus terjadi. Hanya caranya yang berubah menjadi pembelajaran daring" -Nadiem Makarim-

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim meminta guru ikut berinteraksi dan berkomunikasi agar murid mengerjakan tugasnya di rumah. Hal itu terkait kegiatan belajar dari rumah untuk mencegah penyebaran virus corona. Nadiem juga meminta daerah-daerah yang telah menerapkan “guru bekerja dari rumah” bisa menjaga keamanan guru dan memastikan kesehatan guru.

Dalam Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020, Nadiem meminta Pemerintah Daerah dan Pimpinan Perguruan Tinggi memastikan bahwa bekerja dari rumah tidak memengaruhi ukuran penilaian kinerja maupun sistem insentif yang diterima pendidik maupun tenaga kependidikan. Sehingga, Para pendidik dan tenaga kependidikan juga tidak perlu datang ke sekolah ataupun kampus untuk sementara waktu. Proses pembelajaran ataupun penyelesaian urusan administrasi dapat tetap berjalan dengan memanfaatkan teknologi.

Hal di atas, sinergi dengan motiv webiner ini. Melatih guru agar memiliki keterampilan membuat blog pribadi yang profesional. Kontennya bisa sebagai media pembelajaran daring. Tak hanya itu, blog yang dikelola profesional lebih besar manfaatnya, tak hanya bermanfaat untuk pengunjung blog, tapi bermanfaat juga bagi guru itu sendiri secara jangka panjang.

Apa itu Blog ? “Weblog” atau blog adalah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi serta menampilkan postingan terbaru di bagian atas halaman. Konten atau postingan blog diperbarui secara berkala.

Jika guru punya blog pribadi ? isinya pasti sangat bermanfaat bagi pengunjung, terlebih khusus orang tua dan siswa. Ada beberapa manfaat jika guru memiliki blog, pertama; sebagai media berbagi pengetahuan sesuai bidang, Kedua; Sebagai ajang mengasah keterampilan menulis, ketiga; Sebagai media aktualisasi diri, keempat; tepat dokumentasi gagasan, kelima; Bisa memperoleh penghasilan tambahan dari internet.  Namun, dari kelima manfaat di atas, apa masalahnya, sehingga, banyak guru belum memiliki blog ? Ada banyak masalah dan alasan, salah satunya, masih banyak guru, kurang paham membuat blog. Padahal, blog guru sangat cocok dijadikan media pembelajaran daring untuk menjangkau siswa dengan internet. Kerja dan belajar dari rumah pun semakin efektif nantinya.

 

B.      Rumusan Masalah

 

Diakui, membuat blog guru profesional memang tidak mudah bagi yang belum paham. Ada banyak kendala yang dihadapi oleh pembuat blog guru pemula. Kendala tersebut antara lain:

 

1.    Belum memahami prinsip dasar dan manfaat membuat blog guru

2.    Kesulitan memetakan topik dan kategori blog guru

3.    Kesulitan membuat blog guru secara profesional dengan menggunakan alamat .com, .net, atau lainnya

4.    Kesulitan merubah tampilan  blog yang elegan dan profesional

5.    Kesulitan menjaga motivasi dan konsistensi dalam menulis blog

 

C.      Tujuan

 

Dari masalah diatas, Kelas Online “Membuat Blog Profesional bagi Guru” dirancang sedemikian rupa untuk menjadi solusi dari masalah – masalah di atas. Dengan mengikuti training ini, guru bisa mendapat manfaat sebagai berikut:

 

1.    Dapat memahami prinsip dasar dan manfaat membuat blog guru

2.    Mampu memetakan topik dan kategori dalam pengembangan blog guru

3.    Mampu membuat dan merancang sendiri blog dengan alamat profesional seperti .com, .net dan memperpanjangnya setiap tahun.

4.    Mampu merubah tampilan blog guru menjadi elegan dan profesional

5.    Mampu menjaga motivasi dan konsisten dalam menulis blog guru

 

D.      Materi

 

Materi yang akan diulas dalam Kelas Online

 

1.       Blog Introduction

2.       Pemetaan Topik dan kategori Blog Profesional bagi guru (Niche)

3.       Mulai membuat Blog

4.       Merancang tampilan Blog Guru Agar Elegan dan Profesional (Blog Desain)

5.       Custom Domain sendiri

 

E.       Peserta

 Kelas Online  ini ditargetkan untuk Guru di Sulawesi Utara

 F.       Waktu

 Webiner ini berlangsung selama 2 hari: 4-5 Mei 2020

Part 1, Senin (10.00-12.00) Untuk Materi 1-3

Part 2, Selasa (10.00-11.30) Untuk Materi 4-5

 G.     Teknis Pelaksanan

 Pendaftaran dan pengajaran dilakukan secara online

 1.       Sosialisasi dan Pendaftaran melalui Media sosial, facebook dan Whatsapp

2.       Pengajaran Online melalui aplikasi Zoom

 H.     Fasilitas

1.       Sertifikat

2.       Slide powerpoint Materi

3.       Domain Gratis 10 Pendaftar pertama

4.       Bebas berkonsultasi dengan instruktur melalui Wa dan email


I.        Trainer

 Pelatih utama adalah Heidi Kristian Repi, S.Pd, Gr

 Kristian adalah Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 2 Lirung, Kabupaten, Kepulauan Talaud. Blog yang dikelola, heskihendom.com. Isi konten; catatan peribadi dan kumpulan cerita ispiratif.

 Kristian tergabung dalam  komunitas Blogger Sulut, Relawat TIK Sulut, dan sebagai Netizen MPR-RI. Pernah diudang mewakili blogger sulut, hadir di gedung MPR-RI untuk sosialisasi empat pilar Kembangsaan.  

  Prestasi lainnya, Kristian juga terpilih sebagai Finalis Nasional, Satu  Indonesia Award 2018 (pemuda inspiratif bidang pendidikan tingkat nasional). Dan saat ini, Kristian sedang mengembangkan gerakan literasi perbatasan, dan kegiatannya akan dipublis melalui situs pojokliterasi.id, situs yang ia dirikan sendiri.

 J.        Informasi

Informasi webinar

 Kontak :

Hp/wa: 081343428953 (Kristian)

Email : heidi.repi@mail.go.id

Blog : www.heskihendom.com

 Remote Learing For Techer

Webiner