Ciptakan Media informasi Inspiratif bagi Generasi Zaman Now

Iklan Semua Halaman

Catatan Heski Hendom: Ciptakan Media informasi Inspiratif bagi Generasi Zaman Now

Ciptakan Media informasi Inspiratif bagi Generasi Zaman Now



Menjadi Guru Masakini dan Ciptakan Media informasi Inspiratif bagi Generasi Zaman Now

“Menjadi Guru Inspiratif Generasi Millennial Agar Mampu Mendorong Sumber Daya Manusia Menuju Industri 4.0”

Sebagai guru, kita tak dapat menghidar dari yang namanya perkembangan Zaman. Zaman mempengaruhi gaya hidup setiap orang. Sehingga, kebutuhan pun ikut berkembang sebagaimana gaya hidup teradopsi dari kemajuan teknologi. 

Teknologi semakin mudah kita dapat. Entah untuk memudahkan kita beraktifitas, teknologi juga memudahkan kita peroleh informasi. Masyarakat sekarang semakin cerdas disebabkan mudahnya mereka menyerap informasi. Tak hanya semakin cerdas, informasi pun dapat membuat masyarakt terjebak.

Terjebak dalam lingkaran informasi yang kurang mendidik menjadi tantangan tersendiri. Apa lagi, alat pengakses informasi sekarang ini sudah menyebar hampir semua kalangan. Termasuk, kalangan peserta didik di sekolah, Smart Phone sudah jadi kebutuhan mereka.

Coba, lihat sekitar kita. Anak yang masih duduk di TK pun sudah lihai mengakses, dan bahkan lebih jago dari kebanyakan orang tua yang menolak mengoperasikan perangkat modern itu. 

Bagaimana dengan Guru ?
Tentu, seorang guru harus mengikuti zaman. Sehingga, Guru pun dapat mengikuti perkembangan. Guru harus belajar, bahkan kalo bisa, harus  berlari sedikit lebih cepat ke depan, agar guru dapat mengevaluasi serta menyingkapi banyak hal. Sehingga, guru pun mampu menjadi informal yang baik, dan sanggup menyetir serta memotivasi peserta didik agar bijak menggunakan teknologi yang semakin maju berkembang. 

Mendorong Peserta didik agar bijak menggunakan teknologi, bisa berbagai cara. Dan salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah menjangkitkan unsur positif dalam penggunaan smart phone, dengan membuat video-video inspiratif, selanjutnya upload di internet, dan dapatkan pujian serta perluas lingkaran pertemanan.
Dengan mengupload video inspiratif melaui siaran youtube, kita menjadi sumber informasi. Dan bisa membagikan inspirasi kepada siapa saja yang mau mengaksesnya. 

Membagikan informasi yang inspiratif butuh kreatifitas. Itulah alasan kita harus mengasa kreatifitas, agar bisa lebih maju dari mesin. Kreatifitas manusia mahal. Bahkan ada kreatifitas yang tak sanggup terbayar dengan uang. Hanya terbayar dengan kepuasan. Apa lagi, sekarang, kita mengenal yang namanya industri 4.0.  Dapatkah kita siap menjadi bagian dari kemajuan itu ?

Kepedulian agar Sumber Daya Manusia lebih menjangkau kemajuan zaman ini, lahir dari kepedulian seorang guru, itu bijak. Agar peserta didik tidak pernah merasa sendiri dalam menyelami hal-hal baru yang terus berdatangan memaksa agar mereka ikut terlibat di dalamnya. 
Melihat kondisi di atas, itu lah, alasan kenapa saya tergerak untuk “Menjadi Guru Inspiratif Generasi Millennial Agar Mampu Mendorong Sumber Daya Manusia Menuju Industri 4.0” dengan cara, Membangun portal  Media informasi Inspiratif bagi Generasi “Zaman Now”.


KONSISTEN MEMBUAT PROGRAM DAN KONTEN VIDEO INSPIRATIF

Youtube tergolong salah satu aplikasi favorit pengguna smart phone. Sebab, Youtube adalah jembatan informasi video yang dapat disebar secara terbuka kepada semua orang.

Sebagai guru yang baik, tentu, wajib memberi informasi mendidik. Dan ada nilai tambah jika memiliki daya tarik sekaligus mengandung nilai inspiratif yang bergizi tinggi.


Nah, di bawah ini adalah sedikit cuplikan deskripsi singkat terkait isi dari segala aktifitas sosok guru zaman now, yang dikemas melalui rekaman yang disetting sengaja kekinian melalui vlog pribadi yang sudah terupload di Youtube. Dengan demikian, video sudah bisa diakses oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Video dapat juga terakses disalah satu dinding web blog pribadi yang beralamatkan di  “www.heskihendom.com”

#1 Vlog Pelaksanaan Assesmen Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Lirung
Vlog yang berdurasi 08.36 menit ini, bercerita tentang bagaimana pendampingan proses pengambilan data pribadi peserta didik. Hal yang dilakukan berupa, pembagian lembar asessmen, sebagai alat ungkap masalah peserta didik. Agar supaya, pembimbing bisa memperoleh data dasar, atau sebagai tolak ukur dalam penyusunan program layanan tahunan di sekolah.
#2 Vlog Kegiatan Pramuka SMP Negeri 2 Lirung

Kegiatan kepramukaan rutin terprogram dan kami laksanakan di sekolah. Melalui Vlog yang berdurasi 08.30 menit ini, bisa tervisualkan dengan baik, bagaimana proses pelaksanan kegiatannya, serta efek positifnya kepada peserta didik. Bukan hanya kepada peserta didik, pramuka pun dapat memberi makna tersendiri kepada setiap pembina pramuka. Ini alasan kenapa pramuka itu penting.

#3 Vlog Kegiatan Mengedukasi Anak Negeri Di Talaud
Seraya tidak berpuas diri jika hanya mentransfer suatu ilmu di tempat sendiri. Ada waktu, kami para Guru Garis Depan membuat  program mulia yang dibiayai sendiri tampa pasokan dana dari luar. Murni, program ini didanai dari donasi dari kantong-kantong guru-guru itu sendiri. Kami menyebutnya, Mengedukasi Anak Negeri.Mengedukasi Anak Negeri kami jalankan penuh keseriusan, gembira dan berdaya membangun sumber daya manusianya. Baik warga sekolah maupun warga masyarakatnya, kami berbagi sesatu disana.Kami disambut penuh hangat. Kami didoakan oleh tetua adat. Melalui Vlog berdurasi 08.01 Menit ini, semoga menginspirasi.  


#4 Vlog Kebersamaan Dewan Guru SMP Negeri 2 Lirung  di Hari Ulang Tahun  ke 40
Kebersamaan Warga sekolah patut dipupuk. Melalui hari spesai Ulang Tahun sekolah yang ke 40, kami warga sekolah yang ada di dalamnya, baik kepala sekolah, guru, staf tata usaha dan peserta didik, sepakat untuk bekerja sama mengedepankan kemajuan bangsa melalui praktek-praktek pendidikan bermutu. Vlog yang berdurasi 02.12 menit ini, dapat membawa energi positif kepada seluruh warga sekolah dan semoga menjangkit kepada semua yang dapat mengaksesnya.


#5 Vlog Kegiatan Pemilihan Ketua OSIS Di SMP Negeri 2 Lirung
Melatih Peserta didik agar peroleh pemahaman dewasa terkait demokrasi. Dari situ, kami melatih mereka agar bisa percaya diri untuk memilih dan dipilih. Melalui program OSIS di sekolah, Peserta didik dapat memilih dan mencalonkan diri sebagai pemimpin di organisasi tersebut. Vlog berdurasi 06.24 menit ini, akan bercerita tentang proses pemilihan ketua OSIS di Sekolah SMP Negeri 2 Lirung.
#6 Vlog Spesial Hari Guru
Hari Guru. Hari spesial. Hari kita memperingati segala kemuliaan perjuangan sosok pendidik yang penuh jiwa pengabdian. Vlog yang berdurasi 02.23 menit ini menayangkan spirit para guru yang dengan sabar dan penuh keseriusan mendidik anak bangsa di Indonesia. Terlebih khusus anak bangsa yang berada di Kabupaten Kepulauan Talaud.
#7 Vlog Gathering Netizen MPR-RI
Menjadi seorang vlogger, apa lagi isi vlognya lebih memuat konten edukatif, tentu menarik motiv baik bagi siapa saja. Pada bulan Desember 2018, Saya diundang khusus oleh MPR-RI untuk mewakilidaerah SULUT, mendeklarasikan diri sebagai Netizennya MPR-RI agar berkomitmen membantu memperluas informasi mengangkat nilai-nilai kebangsaan agar Indonesia tetap untuh dan damai. Wow. Sungguh pengalaman yang luar biasa hebat. Melalui vlog berdurasi 05.15 Menit ini, semoga menginspirasi.

#8 Vlog Membangun Energi Positif Di Lingkungan Pendidikan SMP Negeri 2 Lirung
Sebagai guru Bimbingan dan Konseling, menciptakan lingkungan positif dan enerjik, sangat lah diutamakan. Mental positif itu harus terus dijaga. Mengakrapkan diri, sudah harus bisa dilakukan oleh semua guru baik kepada sesama teman profesi, peserta didik dan orang tua yang meluas sampai semua masyarakat. Kita harus terhubung. Nah, Vlog yang berdurasi 08.11 ini sedikit menceritakan aktifitas membangun energy positif, sekaligus pendampingan persiapan peserta didik dalam ajang loba tingkat Provinsi.

#9 Vlog Menjadi Pemuda Inspiratif Finalis Satu Indonesia Awards 2018
Satu indonesia Awards 2018 adalah ajang bergengsi. Memilih pemuda inspiratif, diseleksi dari 5,961 peserta se-indonesia yang digagas oleh Astra Indonesia. Entah rejeki atau memang sudah takdir, saya masuk finalis kategori pendidikan, dan diundang ke Jakarta Pusat untuk melanjutkan seleksi final. Nah, Vlog berdurasi 05.08 Menit ini akan menceritakan kisah dan perjalanan dalam mengikuti ajang pemuda inspiratif di Jakarta. Dan pesan dari vlog ini sejatinya, untuk menginspirasi anak-anak muda khusus anak muda di Sulawesi Utara agar terus berkarya. 


#10 Vlog Keterlibatan Pelatihan Penulisan Buku Bagi Guru Di Talaud
Tak cukup jika ilmu disimpan dan tak dibagikan. Prinsip seorang guru adalah menjadi jembatan pengetahuan. Tak hanya untuk peserta didik, melainkan, ada nilai tambah jika berbagi pengetahuan kepada sesame profesi.  Pelatihan Penulisan buku, bekerja sama dengan petinggi Ikatan Guru Indonesia di Sulut, merancang program SAGUSAKU. Yang artinya, satu guru satu buku. Ajakan itu sangat berenergi tinggi. Mengajak agar guru-guru berani menampilkan diri dalam sebuah karya tulis berupa buku. Untuk mencapainya, kami melatih bersama. Vlog berdurasi 03.40 ini bercerita, bagaimana pelatihan itu berlangsung dengan penuh antusias.